Jenis Kerusakan Rambut Dan Cara Mengatasinya

Keadaan rambut yang rusak tentu saja akan berbeda jenis penyebabnya yang memicu kerusakan rambut itu sendiri. Begitu pula cara untuk mengatasinya pun tentu berbeda pula. Untuk mempermudah dalam mengatasi kerusakan rambut lebih baik kita ketahui dahulu jenis kerusakan rambut yang anda alami. mari kenali Macam-macam kerusakan rambut satu-persatu dan dapatkan cara mengatasi kerusakan rambut menurut jenisnya.


Berbagai Jenis Kerusakan Rambut Dan Cara Mengatasinya
Jenis Kerusakan Rambut

Lapisan rambut rusakPenyebab; Perawatan rambut yang berlebihan seperti terlalu sering mengeringkan rambut dan terlalu sering menggunakan catok dengan suhu panas yang berlebihan. Sehingga rambut terlihat kusam dan menipis. Terkadang warna rambut akan berubah kemerahan.
Cara mengatasinya: Gunakan sampo pelembab yang kaya (deep conditioning). Berguna untuk lapisan rambut yang rusak sehingga menjaganya dari kerusakan yang lebih parah. Selain pelembab ini juga bisa menstimulasi sel untuk menyembuhkan rambut rusak sehingga helai rambut yang menipis dapat diselesaikan.
Rambut PatahPenyebab: Penyisiran rambut yang salah membuat rambut menjadi mudah patah. Lapisan sel paling luar pada rambut menjadi tumpang tindih karena cara menyisir yang salah. Faktor ini yang kemudian membuat kekuatan rambut menjadi menghilang dan mudah patah. Ikatan rambut yang terlalu kencang juga mempengaruhi rambut menjadi patah. Begitu pula blow drying yang berlebihan, sehingga rambut dehidrasi.
Cara mengatasi: Gunakan serum yang mengandung protein untuk rambut. Protein itu akan menghidupkan kembali sel rambut rusak sehingga rambut kembali subur. Shampo dengan formula ringan juga dapat membantu.
Rambut bercabangPenyebab: Kutikula rambut menyebar tak terarah sehingga cabang-cabang rambut muncul karena menggosok rambut terlalu kencang.
Cara mengatasinya: Memotong cabangnya setiap 6 sampai 8 minggu sekali dengan mengembalikan kondisi rambut dari dalam tubuh; seperti memakan makanan kaya protein yang akan memancing kayanya zat keratin di rambut Anda untuk mencegah timbulnya rambut bercabang. Hentikan pula gosokan terlalu kencang setelah mandi di kepala Anda.
Rusak karena bahan kimiaPenyebab: Penggunaan bahan kimia dari proses pengeritingan atau meluruskan rambut merupakan beberapa penyebabnya. Rambut terlihat kemerahan karena ini. Pada beberapa kasus yang parah, pigmen rambut perlahan menghilang dan rambut menjadi berwarna tembaga. Rambut juga kusut dan kaku sehingga sulit diatur
Cara mengatasinya: Pilih shampo yang berbahan dasar natural sehingga tak menambah beban bahan kimia di rambut. Hentikan penggunaan bahan penata rambut seperti hair spray dan wax jika tak benar-benar diperlukan. 

Melakukan perawatan rambut rutin seperti masker rambut alami secara teratur sampai rambut sehat kembali. Masker rambut bisa membantu mengembalikan keindahan rambut. Pilihlah bahan-bahan atau produk masker yang sesuai dengan jenis dan masalah rambut Anda.


Tidak ada komentar: