Manfaat dan Teknik Yoga Bagi Ibu Hamil

manfaat dan teknik yoga bagi ibu hamil
ilustrasi yoga bagi ibu hamil
Seorang ibu hamil pada khususnya buat ibu-ibu muda biasanya dalam kehamilannya timbul rasa sakit yang bermacam-macam. Mulai dari rasa tegang, otot tubuh kaku serta pegal-pegal karena berat badan yang semakin bertambah. Tak jarang juga timbul rasa tak nyaman. Berbagai gangguan dalam aktivitas kesehariannya pun bisa muncul karen ketidaknyamanan itu. Untuk mengatasi masalah gangguan yang terjadi pada ibu hamil bisa mencoba untuk melakukan yoga untuk ibu hamil yang tentunya bisa mengurangi ketegangan dan melemaskan otot yang kaku.


Manfaat Senam Yoga Bagi Ibu Hamil
Yoga bagi ibu hamil dengan menerapkan teknik atau gerakan fisik yang dipadukan dengan teknik pernapasan tentunya dapat mengurangi masalah gangguan pada ibu hamil.

Dengan melakukan yoga bagi ibu hamil diharapkan dapat mengurangi dan meredam ganguan-gangguan yang muncul pada ibu hamil. Manfaat lainnya dari yoga bagi ibu hamil dapat membentu persiapan fisik pada saat proses persalinan. Yoga ini tentunya sangat berguna bagi ibu hamil pada saat menjalani kelahiran yang normal.

Teknik-teknik yoga yang diterapkan pada ibu hamil tentunya berbeda dengan teknik yoga yang dilakukan oleh orang yang tidak hamil, Berikut adalah ilustrasi teknik yoga untuk ibu hamil;

  • Duduk Bersila
  • Duduk bersila merupakan teknik gerakan yoga bagi ibu hamil, untuk pengganti gerakan pokok yoga yang seharusnya berdiri. Mamun untuk yoga bagi ibu hamil gerakan pokok pertama dilakukan secara duduk.
  • Berbaring
  • Teknik gerakan kedua pada yoga bagi ibu hamil adalah berbaring. Gerakan ini dilakukan berbaring pada kedua kaki yang menumpu ke dinding. Letakan kedua tangan pada samping tubuh dengan telapak tangan menghadap keatas. Pejamkan mata untuk memberikan rasa rileks. Tarik napas perlahan dan angkat pinggul perlahan dari lantai. Hembuskan napas perlahan-lahan sambil menurunkan pinggul kembali. 
  • Merangkak dengan siku lurus
  • Selanjutnya teknik gerakan yoga ketiga yakni merangkak. Ambilah posisi merangkak dengan siku tangan lurus. Arahkan pandangan lurus kedepan dengan kepala terangkat dan punggung rata. tari napas perlahan-lahan sambil melengkungkan punggung kearah dalam. Lalu, hembuskan napas perlahan sambil meluruskan kembali punggung keposisi awal.

Dengan melakukan gerakan yoga bagi ibu hamil dengan teknik yang benar, maka kestabilan emosi selama kehamilan akan terjaga, kecemasan berkurang, dan mengurangi keluhan sakit punggung, nyeri sendi serta morning sickness yang biasanya menyerang ibu hamil.