facial wajah dirumah

Facial wajah dirumah sendiri tanpa pergi kesalon
Setiap wanita pasti mendambakan wajah cantik berseri sepanjang hari, demi impiannya wanita juga rela melakukan apapun. Banyak cara wanita untuk mewujudkan dalam memiliki wajah cantik nan sepurna, banyak pula hal yang mereka lakukan dalam hal ini seperti rajin datang ke salon kecantikan. Namun cara ini cukup menguras uang di kantong kita, selain uang kita terkuras juga waktu kita akan terbuang untuk datang ke salon.


Jika anda ingin melakukan facial wajah, tetapi tidak ingin menguras uang dan tidak membuang waktu perjalanan anda juga bisa melakukan facial wajah dirumah. Facial wajah dirumah bisa anda lakukan sendiri dirumah, facial wajah dirumah juga memerlukan langkah atau proses yang hampir sama seperti di salon kecantikan.

Facial yang akan dilakukan saat ini cukup mudah untuk dipraktekan dirumah. Selain mudah langkah ini juga murah karena anda tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih dibandingkan untuk membayar disalon kecantikan. Facial wajah dirumah tentu lebi dapat anda pastikan kebersihan alat dan bahan yang anda pakai dalam melakukan facial wajah dirumah.

Sebelum kita melakukan langkah facial wajah dirumah sendiri, anda bisa siapkan dahulu alat dan bahan- bahannya. Setelah anda siapkan alat dan bahan- bahannya mari kita lakukan langkah- langkah facial wajah dirumah sendiri dari persiapan sampai penggunaan tabir surya (sunscreen). Berikut dibawah adalah langkah- langkah untuk melakukan facial wajah dirumah.


  • Persiapan
  • Langkah facial pertama yang harus anda kerjakan dalam riyual facial mudah dan murah adalah langkah persiapan . Di langkah ini, anda harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. facial bari bisa dilakukan jika langkah facial di lakukan secara urut.Persiapan alat dan bahan- bahan untuk facial adalah langkah facial pertama. Alat dan bahan- bahan yang harus anda persiapkan adalah seperti bando kain atau penutup kepala, kapas, handuk lembut atau washcloth, mangkuk besar, air hangat, pembersih wajah (susu pembersih dengan tonernya atau sabun pembersih), exfoliant atau face scrub, masker, moisturizer(pelembab), dan sunscreen (tabir surya)
  • Membersihkan wajah
  • Setelah langkah persiapan sudah anda lakukan, langkah selanjutnya adalah membersihkan wajah dari semua kotoran, seperti debu, keringat, minyak, dan mungkin bakteri atau virus. Jika wajah anda berminyak gunakanlah pembersih wajah yang berjenis gel atau sabun pembersih wajah. Kedua jenis pembersih wajah tersebut akan membantu membuang minyak yang berlebih di kulit anda.Dalam langkah ini memang sudah cukup merepotkan, karena anda harus menyesuaikan kulit wajah anda dengan pembersih wajah yang cocok. Jika kulit anda normal cenderung kering, menggunakan susu pembersih akan lebih baik. Susu pembersih bisa menambah kelembaban kulit wajah anda, Setelah menggunakan susu pembersih, gunakan tonernya. Anda bisa melakukan langkah facial ini setiap hari untuk hasil yang lebih memuaskan.
  • Pengangkatan atau pembuangan sel- sel kulit mati
  • Setelah kulit anda bersih dari debu, minyak,keringat dan bakteri kali ini langkah berikutnya adalah pengangkatan atau pembuangan sel- sel mati pada kulit wajah atau kotoran yang menempel dalam pori- pori seperti jerawat dan sejenisnya. Langkah ini disebut eksfoliat.Dalam langkah ini,eksfoliat perlu dilakukan karena pada saat membersihkan wajah dengan sabun wajah atau susu pembersih, sel- sel kulit mati tidak terangkat secara sempurna. membutuhkan bahan pengangkat atau pembuang yang khusus, bahan ini disebut eksfoliat.Salah satu jenis produk eksfoliat adalah pembersih ber-scrub. pada langkah facial ini, yang harus anda lakukan adalah mengusapkan pembersih ber-Scrub diwajah sambil dipijat- pijat terutama pada bagian hidung dan kening.Bagian- bagian tersebut adalah bagian yang paling banyak mengandung komedo, sel- sel kulit mati, dan juga kotoran yang dalam.setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk langkah facial ini, yaitu berupa tahap pengangkatan atau membuang sel- sel kulit mati di wajah bisa anda lakukan dua kali seminggu.
  • Steam (Kompres Hangat)
  • Langkah selanjutnya adalah melakukan stean atau mengompres wajah anda dengan air hangat. Caranya, isi mangkuk besar dengan air hangat, kemudian masukan washcloth atau handuk kecil halus ke dalamnya. Peras sedikit airnya(agar tidak terlalu basah) dan lalu kompreskan di wajah anda. Lakukan pengompresan ini 2-3 kali. Tahap steam(kompres hangat) wajah bisa dilakukan setiap kali melakukan eksfoliat.
  • Masker
  • Setelah membersihkan sisa scrub pada wajah, langkah selanjutnya adalah mulai mengusapkan masker pada wajah anda. Usapkan masker secara merata di kulit wajah anda. Hindari bagian mata, lubang hidung, dan bagian mulut. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian cuci dengan air bersih.Untuk kulit berminyak, gunakan masker yang berbahan dasar lumpur(masker lumpur) untuk mengurangi minyak yang berlebih di wajah anda. Untuk kulit kering, gunakan masker gel atau masker krim untuk menambah kelembaban kulit wajah anda. Tahap masker wajah bisa anda lakukan seminggu dua kali.
  • Pelembab
  •  Tahap terakhir dalam rangkaian facial yang anda lakukan dirumah ini adalah pemberian pelembab pada kulit wajah anda. Tak hanya bagi yang berkulit normal dan kering saja, anda yang kulitnya berminyak juga membutuhkan pelembab. Akan tetapi bagi kulit berminyak, pelembab yang digunakan harus khusus.Dipasaran sudah banyak tersedia pelembab khusu untuk kulit berminyak. Anda hanya tinggal memilih mana yang cocok dan sesuai dengan kulit anda. Pemilihan harus tetap hati- hati, jika tidak, minyak pada kulit wajah anda bukan tidak mungkin akan bertambah.Dalam melaksanakan facial jangan lupa perhatikan daerah sekitar mata. Untuk daerah sekitar mata, dibagian ini gunakan pelembab khusus. Hal ini karena kulit disekitar mata berbeda dengan bagian kulit yang lain. Beberapa produk dipasaran sudah tersedia berbagai macam pelembab yang khusus untuk kulit bagian sekitar mata.Tujuan dalam tahapan facial yang selanjutnya ini tentu saja adalah agar kulit anda selalu terjaga kelembabannya. Dengan kulit yang lebab, wajah anda akan terhindar dari pembentukan flek- flek hitam, pembentukan kerutan atau keriput, dan berbagai macam efek penambahan usia.Adapun pelembab untuk kulit disekitar daerah mata selain untuk melembabkan juga bisa bertujuan untuk mempertebal sel- sel kulitnya. Tahap pelembaban wajah bisa anda lakukan setiap hari.
  • Penggunaan tabir surya (sunscreen) 
  • Langkah terakhir ini adalah tahap pilihan. Artinya anda boleh melakukan tahap ini dan juga boleh tidak. Tahap ini dilakukan jika anda akan pergi ke tempat yang berada diluar ruangan. Tetapi jika anda tidak pergi kemana- mana, tahap ini tidak perlu anda lakukan.Langkah ini sebenarnya memiliki nilai penting yang hampir sama penggunaan tabir surya(sunscreen) bertujuan untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.Sebagai refrensi, pilih dan gunakan tabir surya yang mengandung SPF 15(sun protection factor 15) yang dioleskan minimal selama 20 menit sebelum keluar rumah. Tahap penggunaan tabir surya(sunscreen) bisa anda lakukan setiap hari atau setiap saat anda membutuhkan.

Diatas adalah langkah- langkah facial wajah yang dapat anda praktekan dirumah sendiri tanpa harus pergi ke salon kecantikan demi menjadikan wajah anda cantik berseri. Bagaimana sudah jelas bukan atas info facial wajah dirumah?