Racun Rokok Beresiko Mematikan


Racun Rokok Mematikan
Merokok adalah hal yang sangat merugikan kita. Banyak sekali kenyataan yang menunjukan pada kebiasaan merokok yang meningkatkan resiko berbagai penyakit sehingga menyebabkan kematian.


Apakah Anda tetap menganggap nyawa anda adalah sebuah lotre? Jika semakin banyak rokok yang anda hisap, akan semakin besar juga kesempatan mendapatkan serangan jantung, kanker, hipertensi hingga impotensi.

0-5 detik
Kemungkinan Anda akan merasa kaget dengan kebiasaan Anda dalam merokok akan sangat mudah untuk merusak kesehatan Anda. Apabila hidup Anda masih teguh dengan pendirian untuk tetap merokok, dan silahkan anda jangan teruskan untuk membaca artikel ini.

Pada saat Anda merokok hisapan pertama, asap rokok melalui mulut dan akan meninggalkan noda atau bercak kecoklatan pada gigi putih Anda. Gas beracun, seperti formaldehida dan amonia, segera membuat sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras. Pasalnya, kedua gas beracun ini menyebabkan peradangan di mulut dan tenggorokan.

Asap rokok kemudian masuk ke dalam sistem pernafasan dan mengganggu kinerja silia. Silia merupakan 'penyapu' yang bekerja untuk membersihkan sistem pernapasan dari lendir dan partikel-partikel lainnya yang menyerangnya.

Sementara nikotin langsung masuk ke dalam aliran darah melalui jutaan kapiler di paru-paru Anda. Nikotin juga menyerang kelenjar adrenal, yang meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Dari sinilah bermula risiko stroke.

Otak pun juga diserang oleh nikotin. Sel-sel saraf tertentu dipaksa mengeluarkan hormon dopamin, yang memicu perasaan merasa baik dan bahagia. Inilah awal bagaimana seseorang mulai kecanduan rokok.

Pada waktu yang bersamaan, gas beracun lainnya yaitu karbon monoksida (juga ditemukan di knalpot kendaraan) menganggu kinerja aliran darah, sehingga membatasi kemampuan tubuh untuk mengangkut oksigen ke organ vital tubuh.

Setelah 5 menit
Tingkat dopamin mulai menurun dengan cepat, tubuh pun merasa 'merindukannya' lagi. Rokok pun dikonsumsi dalam jumlah lebih tinggi, bahkan Anda pun tak menyadarinya. Beberapa ahli mengandaikan nikotin sama adiktifnya seperti heroin.

Hitungan minggu
Jika Anda terus merokok selama beberapa minggu, jumlah sel darah merah mulai meningkat karena tubuh merespons kekurangan oksigen kronis. Kondisi ini ditandai dengan jumlah abnormal sel darah merah, yang dikenal dengan polycythemia. Selain itu, rokok juga menyebabkan mudahnya terjadi pembekuan darah yang meningkatkan risiko stroke.

Tubuh akan segera membersihkan zat-zat beracun dalam enam hingga delapan jam kedepan. Sayangnya, tubuh belum bersih sepenuhnya dari racun, namun sudah ditambah lagi. Akhirnya, semua racun menumpuk dalam tubuh untuk selamanya.